strategi

 

Strategi

Strategi pencapaian visi dan misi PSML FIB USU mencakup tujuh aspek, yaitu:
1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan inovatif melalui updating kurikulum, silabus dan bahan ajar berbasis penelitian.
2) Meningkatkan kompetensi profesionalisme dosen dan mahasiswa.
3) Melakukan penelitian, penulisan karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di bidang linguistik teoretis dan linguistik terapan untuk kepentingan pendidikan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan nasional
4) Mengimplementasikan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) serta penguatan pelaksanaan Monev Internal
5) Menguatkan kerjasama lokal, nasional, dan internasional pada bidang pengajaran, penelitian, pengabdian dalam rangka meningkatkan income generate dan peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional.
6) Meningkatkan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.
7) Melakukan need analysis dan evaluasi kepuasan dosen, mahasiswa, lulusan dan pengguna lulusan.

 

Sasaran

Sasaran strategis PSML FIB USU yang mengacu pada Rencana Strategis (RENSTRA) USU 2015-2019 disusun berdasarkan pertimbangan tersedianya sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana yang dimilki Prodi. Sasaran yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:
1) Pelayanan pendidikan di bidang linguistik teoretis dan linguistik terapan yang berkualitas dan inovatif.
a. Tercapainya penerapan kurikulum KKNI berbasis kebutuhan pasar MEA (60%).
b. Tercapainya IPK mahasiswa rata-rata 3,75 (75%).
c. Tercapainya masa studi mahasiswa maksimal 4 semester (75%).
d. Terlaksananya monitoring dan evaluasi PBM (100%).
2) Pengembangan penelitian linguistik teoretis dan linguistik terapan.
a. Tercapainya minimal 5 hasil penelitian dosen dengan melibatkan mahasiswa per tahun yang berskala lokal dan nasional.
b. Tercapainya minimal 10 karya ilmiah dosen per tahun yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional.
c. Tercapainya minimal 50% penelitian tesis mahasiswa yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi DIKTI.  
3) Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengembangkan produk-produk yang inovatif untuk pembinaan bahasa dan budaya dalam masyarakat.
a. Terciptanya minimal 5 hasil pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dengan melibatkan mahasiswa per tahun yang berskala lokal dan nasional.
4) Pelaksanaan kerjasama yang sinergis dengan instansi lain dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi dalam skala daerah, nasional dan internasional.
a. Terjalinnya kerjasama dalam bentuk MOU dan MOA di bidang akademik dan non-akademik dengan stakeholder yang berskala daerah (2), nasional (2), dan internasional (2).
b. Tercapainya income generate Program Studi setiap tahun.
5) Peningkatan interaksi profesional dalam kegiatan ilmiah, baik yang bersifat interdisiplin maupun antardisiplin.
a. Terciptanya karya ilmiah dosen dalam bidang linguistik teoretis dan linguistik terapan, baik yang bersifat interdisiplin maupun antardisiplin, yang dipresentasikan pada konferensi-konferensi ilmiah yang berskala nasional maupun internasional.
6) Pelaksanaan atmosfer akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang bermutu.
a. Terciptanya diskusi interaktif sesama mahasiswa dan dosen di dalam dan luar kelas.
b. Tercapainya Program Studi yang terakreditasi A.
c. Tercapainya keterpakaian lulusan pada dunia kerja (100%).

Strategi pencapaian dilakukan secara bertahap melalui perencanaan lima tahunan, yaitu Renstra Lima Tahun PSML. Renstra lima tahun dijabarkan ke dalam Program Tahunan atau dikenal Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 2016-2020. Selanjutnya, RKA tersebut dijabarkan ke dalam Program Kegiatan Tahunan Program Studi yang dibuat oleh tim kerja PSML. Strategi pencapaian bidang pendidikan, penelitian dan abdimas berpayung kepada program Indikator Kinerja Utama (IKU) USU.